Mengenal Macam – Macam Gerak Dalam Fisika

Istilah gerak sering kita dengar dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya, kereta itu bergerak dari stasiun A menuju stasiun B, Bobi bergerak dari tempat tidur menuju kamar mandi, dan lainnya. Lalu, apa sebenarnya pengertian dari gerak ?

Jika kalian perhatikan dari contoh gerak di atas, maka bergerak adalah berpindah posisi. Dalam ilmu fisika, pengertian gerak adalah suatu kejadian dimana suatu benda mengalami perpindahan dari suatu tempat ke tempat lain.

Nah, setelah memahami definisi gerak, mari kita perhatikan lagi macam-macam gerak dalam fisika. Macam-macam Gerak dalam Fisika Jadi, gerak tidak sebatas berubah posisi. Gerak masih dapat dibedakan berdasarkan lintasannya dan percepatannya.

Apabila dilihat dari lintasannya, maka gerak dibagi menjadi 7 macam yaitu gerak semu/ relatif, gerak ganda, gerak lurus, gerak menggelinding, gerak karena pengaruh gravitasi, gerak parabola, dan gerak melingkar.

Sedangkan dilihat dari percepatannya, gerak dibagi menjadi 2 yaitu gerak beraturan (GLB) dan gerak berubah beraturan (GLBB). Nah, kali ini kita akan mengulas lebih detail macam-macam gerak dalam fisika di atas.

Macam – Macam Gerak Dalam Fisika

Sebelumnya, ingatkah kembali materi gerak yang telah kita pelajari bersama seperti GLB, GLBB, GJB, gerak vertikal ke atas, dan gerak vertikal ke bawah karena termasuk dalam macam-macam gerak. Tak perlu berlama-lama lagi, yuk kita perhatikan ulasannya !

1. Gerak Semu atau Relatif

Gerak benda dikatakan semu atau relatif tergantung dari titik acuannya. Misalnya saja pohon yang ditanam di Bumi tidak bergerak jika dilihat oleh manusia di Bumi.

Namun, apabila dilihat oleh Matahari, maka pohon tersebut bergerak bersama Bumi mengitarinya. Contoh tersebut menunjukkan bahwa benda yang bergerak seperti pohon dapat dikatakan tidak bergerak apabila titik acuannya berbeda.

Gerak semu juga berarti gerak benda yang diam, namun seolah-olah bergerak dikarenakan gerakan pengamat. Misalnya, Andi mengendarai kereta dan melihat pohon-pohon di pinggir jalan bergerak. Gerak pohon ini dikatakan semu karena sebenarnya diam.

2. Gerak Ganda

Gerak ganda yaitu gerak bersamaan yang dialami oleh suatu benda ditinjau dari benda-benda disekitarnya. Misalnya, Roni membuang bungkus roti dari atas rumah sakit saat mobil ambulance datang.

Dari pernyataan tersebut, maka bungkus roti bergerak ganda jika dilihat dari tiga benda disekitarnya, diantaranya :

  • Gerak bungkus roti terhadap Roni
  • Gerak bungkus roti terhadap tanah bumi
  • Gerak bungkus roti terhadap mobil ambulance

3. Gerak Lurus

Seperti pembahasan kita sebelumnya, gerak lurus yaitu gerak yang melalui lintasan lurus. Berdasarkan percepatannya, gerak lurus dikategorikan menjadi dua yaitu gerak lurus beratuan (GLB) dan gerak lurus berubah beraturan (GLBB).

a. Gerak Lurus Beraturan (GLB)

Suatu benda dikatakan mengalami gerak lurus beraturan apabila kecepatannya tetap dan percepatannya nol. Dengan kata lain, benda tersebut tidak memiliki percepatan. Dengan demikian, persamaan yang digunakan adalah sebagai berikut.

rumus gerak lurus beraturan

b. Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB)

Lalu, bagaimana dengan ciri GLBB? Benda dikatakan mengalami gerak lurus berubah beraturan apabila memiliki percepatan tetap, baik karena kecepatannya bertambah maupun berkurang. Dengan kata lain, GLBB dapat dibagi lagi menjadi dua gerakan yaitu GLBB dipercepat dan diperlambat.

  • GLBB dipercepat

Suatu benda mengalami GLBB dipercepat apabila kecepatannya bertambah sehingga besar a = + (positif). Contoh gerak GLBB dipercepat ini yaitu gerak jatuhnya buah apel dari pohonnya.

  • GLBB diperlambat

Sebaliknya, benda dikatakan mengalami GLBB diperlambat apabila besar kecepatannya makin berkurang sehingga besar a = – (negatif). Contoh dari gerak GLBB diperlambat ini yaitu gerak mobil yang direm sehingga berhenti.

Untuk mengenal lebih detail lagi silahkan pelajari lagi bahasan tentang gerak lurus beraturan dan gerak lurus berubah beraturan pada materi sebelumnya.

4. Gerak Menggelinding

Gerak menggelinding termasuk salah satu gerak dalam fisika yang mengalami dua gerakan sekaligus, diantaranya rotasi terhadap sumbu dan translasi terhadap bidang yang dilaluinya.

Besarnya energi kinetik benda adalah jumlah dari energi kinetik rotasi dengan energi kinetik translasi. Nah, gerak ini dibagi lagi menjadi dua berdasarkan bentuk bidangnya yaitu menggelinding pada bidang datar dan menggelinding pada bidang miring.

5. Gerak karena Pengaruh Gravitasi

Masih lanjut lagi pada macam gerak dalam fisika lainnya yaitu gerak karena pengaruh gravitasi yang terdiri dari gerak jatuh bebas, gerak vertikal ke atas, dan gerak vertikal ke bawah. Nah, untuk memahami detail gerakan ini beserta persamaannya, cobalah untuk membuka kembali materi sebelumnya.

Ingat, gerak karena pengaruh gravitasi ini dikatakan GLBB karena memiliki percepatan tetap, ada yang GLBB dipercepat dan ada yang diperlambat. Namun, gerakan ini dibuat terpisah karena percepatannya dipengaruhi oleh gravitasi bumi.

6. Gerak Parabola

Gerak parabola artinya geraka suatu benda yang lintasannya berbentuk parabola. Ada dua jenis gerakan parabola yaitu gerak setengah parabola dan gerak parabola atau peluru.

  • Gerak Setengah Parabola

Contoh gerakan ini yaitu benda yang dilempar dari ketinggian tertentu dengan lintasan setengah parabola. Dengan demikian, gerak ini terdiri dari dua macam yaitu gerak terhadap sumbu x atau GLB dan gerak terhadap sumbu y atau GJB. Untuk menentukan persamaannya, maka gerak benda tersebut harus diuraikan terhadap sumbu x dan y.

  • Gerak Parabola

Gerak parabola yaitu gerak suatu benda yang dilempar ke atas dengan sudut tertentu. Gerak ini juga tersusun atas dua macam yaitu gerak terhadap sumbu x atau GLB dan gerak terhadap sumbu y atau GLBB. Pada titik tertinggi, benda dalam keadaan diam kemudian mengalami GJB.

7. Gerak Melingkar

Gerak melingkar dibagi menjadi dua yaitu gerak melingkar beraturan beraturan dan gerak berubah beraturan.

  • Gerak Melingkar Beraturan

Gerak melingkar beraturan atau GMB merupakan gerak melingkar terhadap sumbu dengan kecepatan sudut (w) tetap.

  • Gerak Melingkar Berubah Beraturan

Gerak melingkar berubah beraturan atau GMBB adalah gerak melingkar terhadap sumbu dengan percepatan sudut (a) tetap.

Nah, itulah beberapa macam dari gerak dalam fisika. Semoga artikel ini dapat memdampingi belajar kalian ya !

Materi penting : Kupas Habis Hukum Newton 1, 2 & 3 

Leave a Reply