Tips Mudah Belajar Menguasai & Pintar Ilmu Fisika Yang Harus Kamu Coba

Pintar Fisika bukanlah sebuah mimpi untuk kamu yang merasa sulit belajar mata pelajaran ini. Karena apa ? Karena segala sesuatu pasti ada trik nya. Sulit itu pun pasti ada penyebabnya. Dan kebanyakan penyebabnya bukan pada objek yang dipelajari. Namun pada subjek yang mempelajari. So, coba luangkan sedikit waktu untuk membaca tips singkat cara mudah menguasai fisika berikut ini.

Sebagaimana kita tahu, ilmu fisika merupakan salah satu cabang ilmu sains yang lingkupnya sangat luas. Bahkan pembahasan tentang jagad raya ini masuk di dalamnya. Luas sekali bukan ? Tidak hanya itu, bahasan inti atom yang sangat kecil dan tidak bisa kita bayangkan, dapat diketahui dari ilmu ini.

Namun mengapa Fisika justru difitnah menjadi pelajaran yang paling sulit ? Hal itu tidak lain karena anda belum bisa memahaminya dari hati. Untuk itulah melalui tulisan singkat ini, saya mencoba untuk memberi sudut pandang lain yang bisa jadi membuka wawasan kita tentang momok fisika yang sulit, rumit dan menakutkan.

Tips Belajar Fisika Dengan Mudah & Menyenangkan

Coba baca dan pahami setiap detail kata – kata dalam beberapa opsi berikut ini dan rasakan kebenarannya. Stop ! ini bukan hipnotis, tapi sugesti yang coba saya tanamkan untuk membuat anda yang merasa sulit dengan fisika menjadi mudah dan asik.

1. Camkan ! Fisika Bukan Matematika

Bisa jadi, presepsi salah ini yang membuat fisika jadi sulit dimata anda. Mungkin ada yang bilang. Katanya fisika bukan matematika, tapi ko ada rumusnya, ada hitungan matematikanya juga ?

Sekarang saya tanyakan kepada anda. Apakah sungai sama dengan laut ? Kan sama – sama ada airnya ! Nah looh. Mengapa fisika ada matematikanya, kita akan jelaskan di opsi selanjutnya. Intinya hilangkan presepsi fisika sama dengan matematika.

Bagaimana cara menghilangkannya ?

    • Lihat fisika dari sisi peristiwa dan proses alam, bukan pada perhitungannya
    • Setiap kali akan belajar materi fisika, jangan langsung lihat rumus. Lihat saja judulnya
  • Rumus bukan matematika, hal itu sekedar untuk mempermudah dalam mempelajari fisika.

2. Mulai Sukai Pelajaran Fisika

Ko aneh sih, susah, rumit, gak seneng ko disuruh suka ! Beberapa orang diantara anda pasti pernah merasakan hal ini. Ketika anda terpakas harus bersama dengan orang yang anda tidak sukai, ternyata lama kelamaan karena terbiasa justru rasa itu berbalik menjadi indah. Itu sungguh aneh, coba tanyakan pada diri anda, apakah anda pernah merasakannya ?

Tidak jauh beda dengan anda, apabila fisika itu adalah recehan yang membuat uang anda menjadi genap satu juta. Apakah anda akan membuangnya ? Pastinya tidak. Terlebih lagi apabila pelajaran ini dapat menyumbangkan nilai yang akan mendongkrak prestasi anda. Tentu sayang untuk kita sia – siakan bukan !

Oleh sebab itu, anda akan mudah dan bahkan pintar fisika apabila anda sudah meyukai pelajaran ini. Jadi, mau tidak mau mulai sekarang, cobalah untuk menyukainya.

3. Rumus Fisika Hanya Sebuah Alat Agar Kita Dapat Memahami Konsep Dengan Mudah.

Menyambung opsi pertama, bahwa Fisika bukanlah matematika yang identik dengan rumus. Saya pernah memberikan anekdot, sebuah tulisan ringan di facebook yang intinya begini. Coba perhatikan penggalan paragraph dibawah :

Andi berjalan dengan pelan dari pasar ke rumah, hal ini karena andi membawa barang belanjaan yang cukup berat. Jika Andi dari pasar siang hari, pukul berapa Andi akan sampai di rumah ?

Bisakah anda memahami dan menjawab persoalan tersebut ? Bisa, namun anda akan kesulitan, karena apa ? Semua tidak dapat terdifinisikan, mulai dari “berjalan pelan “ apakah bisa dipahami sama oleh semua orang ?

Tapi coba bila seperti ini, “Andi berjalan dengan kecepatan 20km/jam” saya dapat pastikan presepsi orang akan sama. Demikian juga dengan kata lain seperti “siang hari”, “cukup berat”, “dari pasar ke rumah”.

Dalam fisika, masing – masing kata dalam tanda kutip tersebut saling berkaitan satu sama lain. Contoh, apabila kecepatan berjalan andi ditambah, maka dia akan lebih cepat sampai di rumah, bila barang bawaan andi dikurangi hal ini juga bisa membuat kecepatan jalan Andi bisa lebih cepat. Dan seterusnya.

Itu sebabnya, kita butuh rumus dan persamaan matematis dengan tujuan untuk mempermudah hubungan antar satu hal dan hal lain yang menjadi konsep fisika yang sedang dipelajari.

Jadi, sekarang fair yah, sudah tahu kan mengapa ada rumus dalam fisika ?

4. Pahami Konsep Sebelum Gunakan Rumus

Anda harus tahu dulu tentang bagaimana konsep membuat pisau tajam sebelum anda menggunakan gerinda untuk mengasah pisau tersebut. Sama halnya dengan fisika, pahami dulu konsepnya sebelum anda gunakan rumus untuk menyelesaikan masalah yang ada pada soal.

Contoh pada materi Hukun Newton, tentu kita mengenal satu rumus yang cukup terkenal yaitu F = m . g. Namun tahukah anda konsep apa yang ada di balik rumus tersebut ?

Coba simak :

Jika tidak ada gaya yang bekerja pada sebuah benda, maka benda tersebut berada pada salah satu keadaa berikut : bergerak lurus beraturan atau diam

Materi fisika tentu selalu berhubungan dengan kejadian atau fenomena fisik yang bisa kita lihat dan rasakan di alam ini. Contoh, bagaimana hujan itu bisa turun, bagaimana angin berhembus, bagaiaman listrik bisa ditimbulkan dan lain sebagainya.

So, tips mudah belajar fisika ke empat yaitu, pahami dulu konsepnya, baru gunakan rumusnya untuk mempermudah dan menyelesaikan persoalan.

5. Jam Terbang Anda

Untuk tingkat pelajar baik SMP dan SMA, biasanya keilmuan anda ditentukan dari nilai akademik yang diperoleh dari nilai ulangan. Jadi, target penguasaan ilmu anda adalah mengerjakan soal dengan benar. Cara mudah belajar fisika agar efektif adalah dengan banyak menyelesaikan soal – soal.

Anggaplah anda sebagai seorang detektif yang sudah memiliki ilmu konsep dan perhitungan. Kemudian soal tersebut adalah sebuah kasus yang harus anda selesaikan dengan imbalan derajat anda akan naik.

Makin sering anda mengerjakan soal, makin mudah anda berlogika dan menggunakan senjata (rumus). Bahkan jika logika anda sudah jalan, tidak perlu rumus, tidak perlu dihitung anda sudah dapat mengetahui jawabannya. Tidak percaya ? Silahkan dicoba.

Baca Materi : Gerak lurus beraturan

Tentu masih ada banyak lagi tips dan trik belajar fisika agar menjadi mudah dan pintar. Namun jika kita tuangkan semua, pasti tulisan ini akan menjadi Panjang dan membosankan. Kita akan pelajari langsung, dari materi atau contoh soal yang bisa langsung kalian simak dari Android anda di www.pintarfisika.id.

Sekian, semoga bermanfaat !

Leave a Reply